logo blog

Cara Mengusir Kantuk Saat Bangun Pagi

Cara Mengusir Kantuk Saat Bangun Pagi

Cara Mengusir Kantuk Saat Bangun Pagi

Apakah Anda sudah mempunyai kebiasaan konsumsi kopi di pagi hari? Bagi orang Indonesia minum kopi di pagi hari adalah hal yang wajar, namun tidak semestinya harus minum kopi dan menjadi kecanduan. Untuk bisa terjaga dan tidak mengantuk di pagi hari, Anda tak harus selalu menggantungkan diri pada kopi.

Ada beberapa tips sehat yang bisa Anda coba untuk mengusir kantuk tanpa kopi di pagi hari. Dan tentu cara-cara ini pun bisa sekaligus mengenyahkan bad mood atau suasana hati buruk Anda di pagi hari.

01. Dapatkan Udara Segar serta Sinar Matahari

Menghirup udara segar adalah hal yang terbaik setelah bangun pagi bisa mengurangi rasa stres dan menghilangkan rasa pusing. Ditambah lagi dengan mendapatkan sinar matahari pagi, maka mood Anda akan jauh lebih baik.

02. Minum Air Dingin

Rasa dingin memicu stimulasi hormon adrenalin, kata Dr. Jacob Teitelbaum, penulis From Fatigued to Fantastic! Dengan minum air dingin, maka jantung akan berdetak lebih cepat, aliran darah akan mengalir hingga ke otak, dan mengatasi dehidrasi.

03. Lakukan Peregangan Tubuh

Menurut pengguna Quora Assaph Mehr, ketika kita tidur, detak jantung menurun. Akibatnya darah tak mengalir lancar ke otot-otot tubuh sehingga oksigen makin berkurang. Otot dan sendi juga terasa kaku karena kurang gerak.

Untuk kembali melenturkan tubuh dan membuat darah mengalir lebih cepat dan tekanan darah meningkat, kita bisa lakukan peregangan tubuh (stretching). Saat oksigen lebih banyak mengalir ke otak, maka rasa kantuk bisa hilang dalam sekejap.

04. Mendengarkan Musik

Ketika Anda bangun pagi ada baiknya mendengarkan musik yang tentu bisa menghilangkan rasa sakit dan pusing. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa meningkatkan mood, meningkatkan ketahanan tubuh, dan melancarkan efisiensi metabolisme tubuh.

Jika di pagi hari Anda merasa mengantuk dan malas untuk mulai beraktivitas, cobalah untuk mendengarkan musik favorit Anda. Lalu gerakkan tubuh Anda sesuai dengan iramanya, maka kantuk pun bisa langsung diusir jauh-jauh.

05. Makan Buah Apel

Konsumsi buah apa adalah pilihan paling tepat saat bangun pagi, Karena buah apel mengandung gula alami dan karbohidrat lain yang dapat menstabilkan gula darah. Selain apel, buah pisang dan jeruk juga bisa membuat tubuh Anda kembali berenergi di pagi hari. Anda bisa mengonsumsi apel dengan protein seperti Greek yogurt.

Untuk mengusir rasa kantuk di pagi hari, kita tak perlu bergantung pada minuman berkafein yang sebenarnya membahayakan kesehatan Anda. Dengan cara-cara sederhana dan sehat, kita bisa langsung semangat di pagi hari untuk mulai beraktivitas.

Share this:

Enter your email address to get update from Romanista Bukowski.

2 comments

Terima kasih telah berkunjung, beri opini Anda tentang artikel yang Anda baca sekarang ini.

Copyright © 2015. Romanista Bukowski - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger